Senin, 09 Juni 2014

Penyakit Meningitis, Gejala, Penyebab dan Cara Penyebuhannya

Setelah lama gak posting kali ini saya mau posting seputar kesehatan yaitu penyakit meningitis, ini adalah penyakit yang lumayan banyak diidap oleh orang-orang di Indonesia, penyebabnya karena Gaya hidup yang tidak sehat dan makan makanan yang sembarang, mungkin sekian tentang kalimat pembuka dari sayam kalau ingin lebih jelas lagi silahkan baca Artikel di bawah ini.

Penyakit Meningitis merupakan sebuah penyakit yang masih belum begitu familiar di telinga kita, Saya sendiri baru pertama kali mendengar penyakit ini ketika ada berita tentang pemain sepakbola yang waktu itu membela klub liga inggris Chelsea FC yaitu Danniel Stturridge yang pernah menderita penyakit meningitis ini. Namun ajaibnya dia dapat segera pulih dari penyakit meningitis tersebut dan bahkan tetap dapat menjalani hidupnya sebagai pesepakbola seperti biasanya.
Penyakit Meningitis, Gejala, Penyebab dan Cara Penyembuhan nya
Meninges
Penyakit meningitis merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi meninges atau yang dikenal dengan selaput yang melindungi sistem syaraf pusat pada tubuh manusia. Infeksi tersebut bisa terjadi karena adanya peradangan yang disebabkan karena virus maupun bakteri pada selaput meninges tersebut. Dari keterangan tersebut nampak jelas bahwa penyakit meningitis merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan menakutkan. Penyakit meningitis diketahui mampu membuat bagian syaraf manusia, sumsum tulang belakang dan otak menjadi rusak
Penyakit meningitis dapat menyerang kelompok umur manapun, meskipun pada kenyataannya, kelompok umur yang rawan terkena penyakit ini adalah anak-anak usia balita dan orang tua. Beberapa orang yang rentan terkena penyakit meningitis selain dilihat melalui kelompok umur juga bisa disebabkan oleh hal berikut ini:
  • Seseorang yang memiliki pleuroperitoneal CSF dalam otak/patologi lain. 
  • Seseorang yang menggunakan prosedur tulang belakang, seperti halnya anestesi tulang belakang. 
  • Seseorang dengan cacat dural 
  • Penderita penyakit diabetes
  • Seseorang yang terinfeksi bakteri Endokarditis 
  • Para pecandu alkohol 
  • Pecandu narkotika jenis suntik 
Penyebab Penyakit Meningitis
Sebenarnya penyebab penyakit meningitis ini bukan merupakan jenis virus yang begitu berbahaya, namun jika telah parah dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang serius seperti kerusakan otak, kurangnya daya ingat, kurang nya kemampuan pendengaran dan bahkan menyebabkan kematian jika tidak ditangani secara serius. Virus penyebab penyakit meningitis pada awal nya menginfeksi bagian tubuh penderita dan mengalir masuk ke dalam sel-sel syaraf pusat yaitu otak manusia. Penyebab utama penyakit meningitis pada dasar nya adalah virus yang dapat menyerang manusia dalam kondisi kekebalan tubuh seperti apapun. Selain itu juga dapat disebabkan karena infeksi akibat bakteri atau pun jamur, meskipun ini sangat jarang dijumpai. Bakteri penyebab meningitis tersebut antara lain : Streptococcus pneumoniae, Neisseria meningitidis, Haemophilus influenzae,Listeria monocytogenes, Mycobacterium tuberculosis dan Staphylococcus aureus. Silakan Anda cari tahu sendiri mengenai asal muasal bakteri-bakteri tersebut.
Gejala Penyakit Meningitis
Penderita penyakit meningitis perlu didiagnosis terlebih dahulu untuk memastikan dia benar-benar terjangkit penyakit ini. Meskipun begitu, ada beberapa gejala penyekit meningitis yang biasanya muncull pada penderita. gejala tersebut anara lain;
  • Sakit kepala
  • Demam
  • Otot leher kaku
  • Ketakutan pada cahaya terang
  • Ketakutan pada suara keras (phonophobia)
  • Sering ingin Muntah
  • Nampak seperti kebingungan
  • Susah bangun dari tidurnya
Sementara, jika penderita adalah seorang bayi, gejala tersebut tidak begitu nampak. Namun biasanya bayi yang menderita penyakit meningitis akan nampak lemah dan kurang aktif, gemetar pada tubuhnya, tidak mau menyusu ibu nya, dan sering muntah.
Pengobatan Penyakit Meningitis
Pengobatan yang terbaik untuk penyakit meningitis tentu saja segera di bawa ke rumah sakit. Bahkan rumah sakitnya pun benar-benar yang berkelas dan memiliki perlengkapan yang baik untuk mendiagnosa penyakit ini karena dalam penyembuhan dan pengobatan penyakit meningitis harus dilakukan pemeriksaan fisik dan laboratorium seperti test darah, rontgen bahkan cek cairan selaput otak. 
Sementara untuk pencegahan penyakit meningitis tentu harus dimulai sejak sekarang juga dan jangan menunggu Anda divonis mengidap penyakit ini. Cara nya dalah selalu menjaga kebersihan mulai dari pakaian, makanan, badan dan lingkungan sekitar kita agar tidak banyak mengandung bakteri dan virus yang memang tidak dapat dilihat dengan mata kita.

Artikel Terkait Info Kesehatan

Ditulis Oleh : Rifky ~ Home Info

M.Rifky saputra Kalian sedang membaca artikel tentang Penyakit Meningitis, Gejala, Penyebab dan Cara Penyebuhannya. Saya memperbolehkan kalian untuk mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar